slide show

Friday, December 5, 2008

Resensi : Hip-Hop Perlawanan dari Ghetto

Judul Buku : Hip-Hop Perlawanan dari Ghetto
Penulis : Afrika Bambaataa & His Brothas
Penerbit : Alinea, Yogyakarta 2005
Tebal Buku : 240 halaman


Afrika Bambaataa lahir dengan nama Kevin Donovan pada 10 April 1960 di South Bronx, New York. Selama lebih dari 30 tahun, Bambaataa telah membuktikan keberhasilannya melakukan revolusi hip-hop. Dia juga sangat mempengaruhi scene electric/dance dan membantu penuh kultur yang kian maju dewasa ini. Selama tahun-tahun awal, Bam memainkan alat musik terompet dan piano. Dia lalu menjadi pemimpin salah satu geng yang paling dutakuti di New York yaitu Black Spades. Pada 1976, dia mulai memperluas ketertarikannya pada musik, dari rock hingga R&B, dari mainstream hingga underground. Afrika Bambaataa menjadi DJ terkenal di Bronx pada 1977.
“Hip-hop bermakna seluruh kultur gerakan. Ketika kamu bicara soal rap, maka rap adalah bagian dari kultur hip-hop. Rap adalah MC-ing. DJ-ing adalah bagian dari kultur hip-hop. Breakdancing, b-boys, b-girls, caramu bertindak, berjalan, berpenampilan, dan berbicara semuanya adalah bagian dari kultur hip-hop. Musik hip-hop dibuat dari musik orang-orang kulit hitam, coklat, kuning, merah, putih.musiknya dibuat dari musik apa pun yang memberimu semangat” itulah yang definisi dari hiphop yang dikatakan Afrika Bambaataa. Hip-hop...unsur kimia yang berasal dari Jamaika. Itulah definisi yang dikatakan Kool DJ Herc seorang DJ yang berasal dari Jamaika. Davey D seorang sejarawan hip-hop, wartawan, DJ dan aktivis soasial mengatakan “hip-hop itu adalah bentuk seni yang mencakup DJ-ing (cuttin’ and scratchin’), MC-ing atau rappin’, breakdancing, dan seni graffiti”. Seperti yang kita ketahui saat ini bahwa scene hip-hop berasal dari South Bronx, NeW York pada sekitar pertengahan 1970-an. Hip-hop sama dengan kultur gerakan. Unsur-unsur dalam kultur hip-hop adalah rap (MC-ing), DJ-ing, breakin’, dan graffiti yang saat ini dikenal dengan sebutan 4 elemen hip-hop.
Buku ini memiliki banyak definisi tentang kultur musik hip-hop. Didalamnya dibahas tentang asal mula hip-hop muncul, apa saja yan menjadi kultur hip-hop, sejarah munculnya graffiti dan breakin’ yan kemudian menjadi bagian dari kultur hip-hop. Buku ini sangat baik dibaca oleh siapa saja, anak-anak, remaja, orang tua, meraka yang berkeinginan untuk berkecimpung di dunia hip-hop. Buku ini juga sekaligus mengahapus pandangan orang-orang yang mengatakan bahwa hip-hop itu salah satu musik yang berkelas, hanya untuk borjuis, dan mereka yang bergerak di dalamnya harus memiliki bling-bling (kalung, cincin, anting atau aksesoris tubuh lainnya yang berkilau dari intan permata, emas atau apa pun yang bernilai tingi). Buku ini juga memberikan gambaran pada mereka yang mendiskriminasikan atau memandang sebalah mata genre musik ini agar menjadi musisi yang bisa bersahabat.

by smaLL-t (01.B.070804)

disunting dari anakatang.blogspot.com

No comments: